Friday, May 31, 2019

Sinopsis When Time Stops episode 12 part 1


All content from KBS World


Joon Woo membuka mata di kamarnya dan melihat Sun Ah. Ia bangun lalu memeluk Sun Ah. Joon Woo minta maaf karena butuh waktu yang lama buat balik lagi.

Joon woo melepaskan pelukannya lalu menatap ahjussi. Dia ingat kalo dulu dia sangat membencinya. Ia juga berterima kasih.

Ahjussi mengiyakan. Ia merasa kalo itu akan jadi cerita yang panjang.
Nggak jauh dari mereka tiba-tiba gelang itu bersinar lagi.


Ahjussi memberitahu kalo ada hal-hal dimana dewa nggak tahu. Seperti halnya gelang itu. Dia hanya bisa bilang kalo gelang itu menyimpan kenangan-kenangan Sun Ah.

Rupanya selama ini ahjussi telah menyimpan gelang itu karena ia merasa bersalah dan ia ingin mereka berdua ketemu lagi dan mengucapkan maaf.
In Seob meremehkan ahjussi sebagai dewa yang nggak tahu apa-apa.

Ahjussi tersinggung mendengarnya. Sun Ah mengulangi kalo gelang itu punya ingatannya di masa lalu? Ahjussi membenarkan. Sebenarnya dia juga nggak tahu seperti apa. Sun Ah berniat mencobanya tapi Ahjussi melarang.

Ia memeringatkan kalo sun Ah memakainya maka ingatan yang ia hadapi akan jauh lebih berat dari yang ia pikirkan. Joon Woo juga merasa kalo lebih baik Sun Ah nggak perlu memakainya.

Sun Ah bertanya-tanya kenapa mereka menakutinya? Ia lalu menanyakan gimana kalo dewa kembali menemukan mereka? Ahjussi rasa nggak papa karena dewa perlu banyak berpikir.


Mendadak terdengar suara keras. Mereka semua terkejut. Ternyata yang datang adalah Wan Ho bersama Soo Na dan ahjumma.

Ahjumma nggak nyangka kalo ahjussi adalah seorang dewa. Soo Na juga nggak percaya. Wan Ho malah langsung berdoa. Joon Woo memberitahu kalo ahjussi sudah nggak menjabat sebagai dewa lagi sekarang.

Ahjumma malah penasaran kalo dewa pensiun dapat dana pensiun apa enggak? Ahjussi hanya tersenyum.

Wan Ho khawatir sejak para gangster masuk kesana. Tapi sekarang dia lega nggak ada sesuatu yang terjadi. Ahjumma sama sekali nggak nyangka orang dengan kemampuan seperti In Seob dan Joon Woo akan dikejar-kejar seseorang.

Joon Woo dan Sun Ah sudah melewati banyak hal. Ahjussi merasa kalo ahjumma dan yang lain sangat mengkhawatirkan Sun Ah dan Joon Woo.

Ahjumma tahu-tahu meraih tangan Joon Woo dan menyatakan kalo mereka akan selalu ada di sisi Joon Woo. Siapa lagi yang bersedia nolong mereka dengan tangan terbuka?

Sebenarnya mereka tahu kalo Joon Woolah yang telah nolong mereka. Wan Ho dan Soo Na mengangguk. Tadinya ahjumma nggak tahu apa dia bisa bahagia lagi apa enggak.

Tapi berkat Joon Woo dan Sun Ah mereka bisa bahagia lagi. Ia berpesan agar mereka nggak lari dari masa lalu. Kalo mereka mau menghadapinya maka akan membuat mereka bahagia di masa sekarang.

Sekali lagi ahjumma berterima kasih pada Joon Woo. Joon Woo tersenyum lalu mengangguk. Ia lalu menatap Sun Ah.


Joon Woo duduk berdua bersama Sun Ah di atap. Ia sudah memutuskan untuk melihat masa lalunya. Ia akan memakai gelang itu tapi Joon Woo malah melarangnya. Ia mengatakan kalo Sun Ah nggak perlu menahan rasa sakit itu.

Sun Ah menatap Joon Woo dan menyatakan kalo dia lebih kuat dari yang Joon Woo bayangkan. Rutinitasnya sehari-hari, hutang ayahnya, penagih hutang yang mengganggunya tiap hari nggak pernah membuatnya memikirkan hari esok.

Tapi semenjak ketemu dengan Joon Woo membuatnya selalu memikirkan hari esok. Karena itulah ia ingin tahu masa lalu mereka. Ia mengulangi aps yang dikatakan oleh ahjumma kalo ia menghadapi masa lalunya maka ia akan lebih bahagia sekarang.

Sun Ah menyingkirkan tangan Joon Woo lalu memakai gelang itu. Ia memejamkan matanya dan kenangan itu tiba-tiba ia rasakan.

Joon Woo menggenggam tangannya. Ia menatap Sun Ah lalu menciumnya.
Legenda adalah ingatan yang  tersimpam di gelang itu selamanya. Pertemuan mereka akan jadi kenangan indah. Itulah yang ia rasakan sekarang.


Ahjussi berniat mengambil jiwa Sun Ah sebagai penghenti waktu. Joon Woo memohon pada dewa agar dia saja yang menghilang. Dia akan menyerap kekuatan Sun Ah dan menghilang.

Sun Ah menatap Joon Woo dan bilang kalo Joon Woo nggak perlu terluka karenanya.
Sun Ah syok mengingat masa lalunya. Ia menatap Joon Woo sambil nangis.

Joon Woo mengucapkan selamat datang padanya. Sun Ah memaksakan senyumnya. Ia rasa neneknya nggak bohong. Ia lalu menatap Joon Woo. Lama nggak ketemu.


Ahjussi datang ke atap. Dia minta Joon Woo permisi bentar karena dia mau bicara pada Sun Ah. Ia lalu menatap Sun Sh dan memintanya untuk memberitahunya kalo ada sesuatu yang terjadi.

Sun Ah mengangguk mengiyakan. Joon Woo lalu pergi. Ahjussi kesal. E kalo sesuatu terjadi? Emangnya dia mau ngapain?

Ahjussi duduk bersama Sun Ah. Sun Ah berterima kasih karena Ahjussi telah mengabulkan permintaannya. Ahjussi merendah. Dia nggak ngapa-ngapain kok. Dia hanya mengawasi Sun Ah.

Sun Ah berterima kasih karena ahjussi memberinya kesempatan buat melihat masa lalunya. Ahjussi senang Sun Ah memanggilnya ahjussi.

Sun Ah merasa kalo saat itu dia nggak ketemu Joon Woo maka dia bisa hidup sebagai manusia lagi. Dia nggak akan menanggung beban sebagai pencabut nyawa.

Ahjussi menatap Sun Ah dan memberitahu kalo itu adalah takdir Joon Woo. Gimanapun dia akan berakhir suatu hari.
Sun Ah mengatakan kalo dia punya satu permintaan.

Dia ingin Joon Woo mencari waktunya yang hilang. Ahjussi hanya menghela nafas.


Ahjussi sudah mau pergi. Ia berpesan agar Sun Ah dan Joon woo tetap disana. Dengan temperamen dewa, dia nggak akan membiarkan mereka. Nggak lama kemudian dewa datang. Ia kesal karena sunbaenya membicarakannya di belakang.

Ahjussi menyindir kalo waktunya sangat luar biasa. Dia muncul di saat seperti ini.
Dewa menyinggung perhatian Tuhan yang ahjussi bicarakan. Dewa memutuskan nggak akan membiarkan mereka bersama karena menurutnya itu sangat berbahaya. Ahjussi nggak ngerti bahaya apanya?

Dewa mengingatkan kalo ahjussi sendiri yang bilang saat itu. Ahjussi bilang akan memaksa menghancurkan orang-orang berkemampuan. Ingat?

Rasanya aneh ahjussi mengatakan itu setelah dengan kejam menghancurkan orang-orang berkemampuan. Dewa berniat membuat Joon Woo dan Sun Ah menghilang.

Ahjussi marah. Dia maju tapi tahu-tahu ditahan sama malaikat maut wanita yang sekarang punya kekuatan cukup kuat yang membuat ahjussi nggak bisa gerak.


Dewa mau menghampiri Joon Woo dan Sun Ah tapi dihadang sama ahjumma. Siapa dia mau menyingkirkan nyawa orang? Dewa mengatakan kalo dia dewa. Ahjumma bertanya apa Dewa bisa seenaknya membunuh orang yang nggak bersalah?

Dewa nengingatkan kalo itu bukan urusannya manusia. Dia nyuruh ahjumma buat minggir. Ahjussi tertawa dan bilang kako manusia sangat unik. Dia bertanya dewa mau apa sekarang?

Ahjumma nggak ngerti kenapa punya kemampuan itu berdosa? Mereka nggak menggunakan kemampuan mereka untuk hal yang buruk. Dewa memberitahu kalo dosa mereka adalah punya kemampuan yang nggak ssharusnya. Dan kemampuan itu akan mengacaukan dunia.

Ahjuma lalu memberitahu apa saja yang Joon Woo dan Sun Ah lakukan pasamya dan Soo Na. Dia menyelamatkannya dan Soo Na. Pada saat itu apa yang dilakukan dewa?

Wan Ho juga mengatakan  hal yang sama. Joon Woo menyelamatkan hidupnya. Ia melarang dewa menyentuh sehelai rambut mereka. Ahjumma merasa kalo sebagai dewa dewa nggak punya hak melakukan sesuatu pada mereka.


Gelang Sun Ah tahu-tahu bersinar. Ia menggenggam tangan Joon Woo. Dan tangan mereka tiba-tiba menyala. Joon Woo menatap Sun Ah. Sun Ah melepaskan genggamannya lalu menghampiri dewa.

Sun Ah mengingatkan kalo peraturan Tuhan dewa nggak bisa menyentuh manusia. Dia dengar dari ahjussi kalo dewa suka peraturan. Sun Ah memberitahu kalo diantara semua orang, dialah yang punya kemampuan.

Joon Woo nggak nyangka kalo barusan tadi Sun Ah telah menyerap kemampuannya. Ia hendak menghampiri Sun Ah tapi ditahan sama In Seob. Sun ah berbalik menatap Joon Woo.

Joon Woo menggeleng. Dalam hati Sun Ah meminta maaf karena sekarang pun dia memutuskannya sendiri. Meskipun singkat tapi ia senang bisa ketemu lagi dengan Joon Woo. Saranghae, Joon Woo-ssi.
Sun Ah berbalik lalu menjentikkan jarinya.


Sun Ah sedang memperbaiki sebuah lukisan. Ia merasa ada yang datang lalu keluar. Dia tahu kalo ahjussi akan datang suatu hari. Sun Ah minta agar Ahjussi membuat Joon Woo melanjutkan hidupnya.

Dia akan putus asa dan bunuh diri kalo sampai tahu sun Ah menghilang. Gimanapun juga Sun Ah ingin agar Joon Woo tetap hidup.

Ahjussi meyakinkan kalo saat Sun Ah menghilang maka Joon Woo nggak akan ingat kalo Sun Ah ada. Jadi Sun Ah nggak usah khawatir.

Ahjussi mengangkat tangannya dan siap menghilangkan Sun Ah. Tapi Joon Woo tahu-tahu datang dan melarang.


Ahjussi merasa kalo hubungan mereka sangat luar biasa. Sun Ah meminta maaf pada ahjussi. Tapi ia merasa kalo ini adalah yang terbaik buat semua orang.

Dewa maju dan menanyakan kenapa Sun Ah memilih jalan itu?
Sun Ah memberitahu karena dia mencintai Joon Woo. Ia menyindir kalo harusnya dewa tahu semuanya.

Dewa merasa kalo Sun Ah terlalu percaya diri.

Ahjussi mengingatkan kalo dewa kadang nggak bisa memprediksi nasib manusia. Dewa membenarkan. Karena itulah mereka sangat berbahaya. Ia hanya perlu menyingkirkan orang berkekuatan.

Dewa menanyakan apa Sun Ah sudah siap? Sun Ah nggak bilang apa-apa. Dewa lalu mengangkat tangannya di atas kepala Sun Ah. Ahjussi tahu-tahu menahan dewa lagi dengan kata-katanya. Karena itulah hidup itu indah. Karena nggak bisa diprediksi membuat mereka membutuhkan perhatian Tuhan.

Dewa tetap menghilangkan Sun Ah. Sun Ah berubah menjadi asap putih lalu menghilang. Gelang yang ia pakai jatuh.

Dewa mengambilnya dan memberikannya pada ahjussi. Ia meminta ahjussi untuk mengurus kelanjutannya. Ahjussi mengambil gelang itu dan mengiyakan. Ini adalah awal mulanya.


Dewa lalu menatap Joon Woo. Dia nggak punya pilihan meski Joon Woo akan membencinya. Itu adalah pekerjaannya untuk menjaga keseimbangan dunia.

Semua ingatannya akan hilang dan hidup seperti manusia biasa. Itu adalah perhatian darinya. Dewa lalu pamit.

Ahjussi menjentikkan jarinya dan seketika semua orang kembali bergerak. Anehnya malah mereka nggak tahu kenapa mereka ada di sana.

Waktu Joon Woo yang berhenti kembali mengalir. Tapi dia nggak ingat sesuatu yang paling berharga baginya. Ia hanya merasa kehilangan. Tapi ia yakin waktu akan kembali membawa ingatannya.

Bersambung...

Artikel Terkait

Sinopsis When Time Stops episode 12 part 1
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email